Monday, September 30, 2013

Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

Keterangan Buku:
- Judul             : Rembulan Tenggelam DI Wajahmu
- Penulis          : Tere Liye
- Penerbit        : Republika
- Tebal            : 425 halaman



****

Pertama berkenalan dengan novel ini adalah sekitar pertengahan tahun 2009, dan langsung jatuh cinta pada khataman pertama J



Novel ini mengisahkan tentang kehidupan seorang Rehan Raujana (Ray). Sejak kecil dia sudah yatim piatu. Hidup di sebuah panti asuhan yang “buruk”. Tumbuh berkembang menjadi anak yang keras kepala, suka melawan, cerdas, dan memiliki kekuatan fisik yang hebat. Selepas (kabur) dari panti ia sempat menjadi anak jalanan, pencuri, pengamen, hingga menjadi perampok kelas kakap, sebelum akhirnya menjadi seorang pengusaha sukses.


Perjalanan hidupnya penuh dengan misteri. Hingga dipenghujung hidupnya dia diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk diperlihatakan jawaban atas 5 pertanyann besar dalam dirinya; Kenapa aku harus tinggal di panti yang “buruk”? Apakah hidup ini adil? Kenapa langit tega sekali mengambil istriku? Kenapa hatiku masih merasa kosong, padahal telah bergelimangan harta? Kenapa aku harus mengalami sakit yang berkepanjangan, kenapa Tuhan tidak segera memanggilku saja?.

Mungkin tidak hanya Ray, kita pun pernah bertanya sesuatu tentang kehidupan ini kepada Sang Khaliq. Dan novel ini membuka mata saya, kembali mengingatkan bahwa hidup adalah sebuah perjalanan sebab akibat. Kehidupaan kita menjadi sebab-akibat bagi kehidupan orang lain, kehidupan orang lain menjadi sebab-akibat kehidupan orang lainnya... saling terikat, merangakai menjadi susunan sulaman yang indah bernama “Kehidupan”. Bahwa hidup adalah tentang caramu memandang kehidupan itu sendiri, tentang bagaimana bersyukur atas setiap takdiNya, tentang bagaimana memandang positif setiap kejadian yang menyakitkan. Melihat kehilangan bukan dari sisi yang ditinggalkan tapi dari sisi yang meninggalkan. Bahwa bentuk keadilan Tuhan berbagai macam rupanya. Bahwa takdir tak pernah tertukar. Bahwa Tuhan tak pernah ingkar terhadap janjinya, janji bahwa akan ada balasan yang baik bagi hambaNya yang baik. (Ya Rabb, malu diri ini mengeluh atas setiap takdirMu, faghfirlii... L).


“Kau benar, Ray. Ada satu janji Tuhan. Janji Tuhan yang sungguh hebat, yang nilainya beribu kali tak terhingga dibandingkan menatap rembulan ciptaanNya. Tahukah kau? Itulah janji menatap wajahNya. Menatap wajah Tuhan. Tanpa tabir, tanpa pembatas… Saat itu terjadi maka sungguh seluruh rembulan di semesta alam tenggelam tiada artinya. Sungguh seluruh persona dunia akan layu. Percayalah selalu atas janji itu, Ray, maka hidup kita setiap hari akan terasa indah…” (h. 425)

****




17 comments:

  1. Takdir itu adalah sebuah kepastian dan tentunya adalah rahasia. Takan pernah kita tahu sampai ia terjadi.

    Saya juga senang dengan tulisan-tulisan Tere Liye..
    Makasih sudah ikutan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berusaha dan berdoa adalah tugasnya seorang hamba..

      masama bng :)

      Delete
  2. keren tulisannya
    good luck GAnya ya

    ReplyDelete
  3. Tulisan bagus..lebih bagus lagi yang komen..novel kesayangan mel..novel yg membuat mel masih bs berdiri dg hebatnya menatap setiap mata yg memandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hha tetetp be narsis di dieu ge :p

      keep moving ukhti, ganbatte!!!!! :)
      inna Allaha ma'ana :)

      Delete
  4. aku belum pernah baca bukunya Tere Liye
    *kudet banget yak
    tetapi sering baca review2 teman-teman :)
    good luck kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba baca de bukunya, bikin ketagihan :)

      makasih :)

      Delete
  5. Sepertinya bukunya bagus ya, membuat saya ikut merenung akan arti hidup ini

    ReplyDelete
  6. Buku ini memang bagus; membaca review ini betapa semakin bagus terasa; sebuah novel yang inspiratif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukron ustadz sudah berkenan mampir :)

      Delete
  7. judulnya saja sudah sarat makna..apalagi membaca kutipannya mengenai janji untuk melihat wajah Tuhan, luarbiasa, selamat berlomba, semoga menjadi yang terbaik...
    btw-aku juga lagi buat GA..dicari 32 orang blogger yang hobby nulis dan corat coret buat jadi pemenang untuk mendapatkan gift unuk dari makassar, tana toraja dan martapura kalimantan selatan...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh th, mana link GA ny bng? mau bgt hadiah-hadiahnya :)

      Delete
    2. http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/10/masuk-neraka-siapa-takut.html
      salam :-)

      Delete